Cara Effektif Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan karang gigi secara alami – Menjaga kebersihan gigi sangat di utamakan untuk terhindar dari masalah-masalah pada gigi seperti umumnya, contohnya lubang pada gigi, gigi ngilu dan plak atau karang gigi. Mengenai karang gigi atau yang disebut dengan kalkulus gigi merupakan suatu plak yang menempel di sela-sela gigi dan paling sering terjadi pada gigi geraham.

Cara Effektif Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Karang gigi terbentuk akibat kandungan garam dalam air liur dan  bersifat basa yang telah terkontaminasi dengan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi sehingga membentuk karang gigi berwarna kuning kecoklatan. Karang gigi ini berefek pada bau mulut yang tidak sedap, gigi keropos, dan infeksi pada daerah gusi. Semua tentu berawal dari kebiasaan-kebiasaan kita sendiri yang akhirnya membentuk karang gigi tersebut.

Contohnya seperti:

  • Malas untuk menggosok gigi khususnya pada malam hari sebelum tidur. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap pembentukan karang gigi karena sisa-sisa makanan yang tertinggal.
  • Tidak bersih ketika menggosok gigi. Ini biasanya di akibatkan dari cara menggosok gigi anda yang salah. Sisa-sisa makanan yang masih menempel atau terselip pada sela-sela gigi akibat dari bulu sikat yang tidak menjangkau ke area tersebut yang akhirnya menumpuk dan menjadi karang gigi. Cara sikat gigi yang benar ialah menggosok dengan arah vertikal atau atas bawah pada bagian dalam gigi dapat menyesuaikan sela-sela gigi.  
Video cara effektif menghilangkan karang gigi secara alami

Cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami: 


1.      Menggunakan Baking Soda 

Baking soda merupakan salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi karang gigi. Caranya adalah: sikat gigi anda seperti biasa dengan menggunakan baking soda seperti anda menggunakan pasta gigi.

2.    Menggunakan Cengkeh

Salah satu bumbu dapur ini di percaya mampu menghilangkan karang gigi secara effektif. Caranya adalah: Sediakan cengkeng secukupnya kemudian tumbuk sampai halus. Gosokkan pada gigi yang berkarang secara perlahan dan gunakan untuk berkumur.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami dan Ampuh

3.    Menggunakan Buah Apel

Buah apel mengandung gizi yang sangat baik untuk menghilangkan karang gigi dan mencegah plak pada gigi.  Anda cukup menkonsumsi beberapa buah apel dalam sehari tanpa mengupas kulitnya.

4.    Biji Asam Kawak

Sebelumnya anda perlu menyangrai biji asam kawak tersebut. Kemudian haluskan sampai menjadi bubuk dan gunakan bubuk tersebut untuk menghilangkan karang pada gigi dengan sikat gigi seperti biasa.

5.    Menyikat gigi 

Sikat gigi minimal dua kali dalam sehari dan usahakan ketika sesudah makan. Meskipun pasta gigi anda bertuliskan melindungi gigi 12 jam tetapi alangkah baiknya tidak meninggalkan sisa makanan ketika anda tidur pada malam hari.

6.    Pasta Gigi Khusus

Anda dapat membeli pasta gigi khusus dengan komposisi zat tartar control atau fluorid yang mampu menghilangkan karang gigi anda setidaknya menguranginya.

Itulah beberapa cara effektif menghilangkan karang gigi secara alami yang perlu anda coba di rumah. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Sekian dan trimakasih.”